Kamis, 03 Juni 2010

tempat pariwisata kota cepu

Berawal dari pertanyaan beberapa teman : “Cepu itu di mana sih ? Kotanya kayak apa sih ?” … liburan akhir bulan Maret lalu, selain tuk silahturahmi dengan keluarga di sana, ku coba jua tuk merekam beberapa sisi dari kota ini.
DI MANA CEPU ITU?
Cepu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Blora, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya terletak di tepi Sungai Bengawan Solo yang memisahkan Prop. Jateng dan Jatim
Kota Cepu memiliki luas +/- 49.15 km2 yang terdiri dari 17 desa/kelurahan dengan estimasi total jumlah penduduk mencapai 75.000 orang.
kantor kecamatan cepu
Meski hanya sebagai kecamatan, namun gerak dan dinamika kota ini lebih terasa daripada kota Blora sendiri. Hal ini dikarenakan banyaknya aktifitas bisnis, perdagangan, transportasi dan lain-lain, yang digerakkan dari kota ini.
MENCAPAI KOTA CEPU
Selain bus kota, kereta api merupakan moda transportasi utama yang dapat menjangkau kota ini. Dengan berbagai jenis kereta, kita bisa menikmati perjalanan dari Jakarta ke Cepu. Dengan menggunakan kereta Sembrani atau Gumarang, waktu tempuhnya sekitar 9 jam. Namun di waktu musim liburan, waktu tempuhnya bisa molor menjadi 11 jam. Hal ini karena adanya penambahan jumlah jadwal perjalanan kereta api.
stasiun kota cepu
deretan rel di area stasiun kota cepu
PENCAHARIAN
Penduduk di kota ini banyak yang bekerja sebagai PNS dan karyawan BUMN. Tercatat terdapat beberapa BUMN utama di kota ini seperti Pertamina, Migas, Telkom, PLN, PTKA dan Pos.
Namun demikian tidak sedikit pula yang menjadi pedagang/saudagar. Bahkan ada salah satu kampung di kota ini yang bernama Kampung Saudagaran. Hal ini karena dahulunya banyak warganya yang menjadi pedagang/saudagar.
Selain itu, sebagian dari warga kota ini hidup dari sektor pertanian. Padi merupakan salah satu produk pertanian unggulan dari kota ini. Jadi, di kota ini masih banyak ditemukan lahan persawahan yang menghampar demikian luas, meskipun perlahan-lahan mulai terdesak oleh adanya pemukiman.
MODA TRANSPORTASI
Moda transportasi utama penduduk kota ini adalah sepeda motor. Para karyawan, pedagang, pelajar dan lain-lain, hampir semuanya menggunakan sepeda motor sebagai sarana mobilitasnya. Meski demikian transportasi umum seperti angkutan perkotaan juga tersedia dengan rute-rute tertentu. Becak dan delman juga masih banyak digunakan, terutama untuk transportasi jarak dekat.
sebuah angkutan kota baru saja keluar dari terminal
seorang tukang becak sedang menanti penumpang di dekat pasar Cepu
seorang tukang becak sedang menanti penumpang di dekat pasar Cepu
PENGINAPAN
Untuk mencari tempat penginapan di kota ini cukup mudah. Berbagai pilihan bisa dipertimbangkan. Mulai dari yang bintang empat sampai kelas losmen ada di sana.
hotel mega bintang (hotel terbesar di cepu)
hotel cepu indah
hotel top star (hotel baru di cepu, sedang dalam tahap pembangunan)
JALANAN KOTA CEPU
Jalanan di kota ini tidaklah terlalu lebar. Namun demikian sebagian besar cukup layak untuk dilewati moda transportasi bus, mobil, atau kendaraan bermotor lainnya. Di sisi-sisi jalan kota ini didominasi toko-toko, bengkel dan ruko. Hampir di semua sisi kanan dan kiri jalan tersedia pedesterian. Dan gak usah khawatir untuk jalan di pedesterian, karena pengendara motor di sana masih memiliki rasa malu untuk memakan hak pejalan kaki, meski mereka jumlahnya mayoritas.
selamat datang di cepu (jl. raya blora – cepu)
pertigaan jl. raya blora – cepu dan jl. baypass
jl. raya blora – cepu
jl. pemuda
jl. cepu – bojonegoro
jl. cepu – bojonegoro (pertigaan ke bojonegoro)
jl. cepu – bojonegoro
jl. cepu – bojonegoro, menuju jembatan sungai bengawan solo (perbatasan dengan kec. padangan, jatim)
jl. rumah sakit umum (rsu)
SARANA KESEHATAN
Di Cepu terdapat beberapa rumah sakit. Yang terbesar adalah Rumah Sakit Umum (RSU) Cepu. Selain itu masih ada beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Rumah Sakit NU dan Rumah Sakit Pertamina.
rumah sakit umum cepu (dari taman kota)
rumah sakit PKU muhammadiyah cepu
LAIN-LAIN
Sebagai kota dengan penduduk yang beragam agama yang dianutnya, berbagai tempat ibadah ada di kota ini. Mulai dari masjid, gereja, klenteng maupun wihara. Selama ini, di tengah kemajemukan penduduknya, kehidupan beragama di kota ini berjalan dengan damai dan penuh toleransi.
masjid raya cepu
Di kota ini terdapat berbagai sarana pendidikan baik berupa sekolah negeri maupun swasta dari tingkat SD s/d SMU/SMK. Perguruan tinggi di kota ini bernama STTR (Sekolah Tinggi Tehnik Ronggolawe) dan juga Akamigas (STEM).
smu negeri 1 cepu
smu negeri 1 cepu
akamigas (stem)
Fasilitas perbankan juga ada di kota ini. Saat ini hampir semua bank nasional baik konvensional ataupun syariah telah membuka kantor cabang atau kantor cabang pembantu di kota ini.
bank bni, salah satu bank di kota ini
Untuk transportasi antar kota, di kota ini tersedia beberapa trayek bus ukuran sedang yang menghubungkan kota Cepu dengan kota-kota sekitar seperti Bojonegoro, Ngawi, Blora, dll. Sebuah terminal berada di sisi barat kota ini. Sayangnya, ukurannya tidak terlalu besar dan kondisinya tidak begitu baik/terawa
terminal bus cepu
terminal bus cepu
Untuk pusat perbelanjaan di kota ini tidaklah sebesar kota-kota yang lain. Di kota ini tidak ada mal atau plaza. Yang dominan adalah pasar. Saat ini telah berdiri beberapa minimarket di kota ini, seperti alfamart dan indomart. Minimarket-minimarket baru ini nampaknya bakal menjadi kompetitor bagi minimarket lokal yang telah ada sebelumnya seperti Toko Pemuda, Demangan, dll.
pasar cepu
pasar cepu
Di kota ini terdapat beberapa monumen. Di antaranya monumen Ronggolawe (untuk mengabadikan perjuangan Divisi Ronggolawe dalam menumpas PKI di kota ini), monumen Dipokusumo (di area Gedung Sasono Suko), dll.
monumen ronggolawe

4 komentar:

  1. sory y aq ngopy datanya, q hanya bermaksud agar dunia tau bahwa cepu sebenarnya banyak tempat menariknya

    BalasHapus
  2. kangen dengan suasana cepu, aku lahir sampai usia 12 tahun di kota tercinta ini, ingin rasanya pulang lagi ke cepu, tp saudara sudah tidak ada, hanya 1 makam kakek yg masih ada di komplek pemakaman desa menggung, cepu sebagai ikatan batinku dengan kota cepu

    BalasHapus
  3. rumah almh nenek ada di Balun Pinggiran pas samping Bengawan Solo

    BalasHapus
  4. Apik mas kalo bisa mohon di update fotonya

    BalasHapus